Ciri lovebird kaca mata topeng – Datang dari timur laut negara Tanzania, lovebird kaca mata topeng lalu menebar ke sisi Tanzania Utara serta Tengah. Demikian terkenal oleh warga dunia, burung lovebird kaca mata topeng ini dengan cara perlahan-lahan menebar ke beberapa seluruh dunia serta menarik beberapa lovebird lover.

Persisnya di tahun 1800 an-lah burung lovebird kaca mata topeng mulai diketahui, serta pada akhirnya dibawa keluar Afrika seputar tahun 1920. Disamping itu, habitat asli dari burung ini ialah padang rumput dengan pohon baobab yang banyak sediakan sela.

Lubang-lubang atau sela berikut yang dibuat sarang oleh lovebird kaca mata topeng. Burung ini membuat sarangnya dengan beberapa bahan yang diangkut memakai paruhnya.

Dibuat di antaran celah-celah pohon baobab, sarang ini umumnya berisi seputar 4 – 5 butir telur. Dalam periode waktu 23 hari saja, karena itu telur-telur berwarna putih itu akan menetas serta melahirkan generasi baru lovebird kaca mata topeng.

Sebetulnya apakah yang memperbedakan lovebird kaca mata topeng dengan tipe lovebird yang lain? Silakan baca keterangan selengkapnya berikut ini.

Ciri Lovebird Kaca Mata Topeng
Mempunyai panjang badan rerata 14,5 serta berat di antara 43 – 47 gr, lovebird kaca mata mempunyai ciri paling mencolok berbentuk klep yang semakin tebal serta mencolok dibandingkan dengan lovebird yang lain.

Benar-benar susah untuk jenis burung lovebird biola memperbedakan di antara lovebird kaca mata jantan dan betinanya, sebab kedua-duanya memiliki keserupaan dalam ciri fisik. Tetapi untuk ciri biasanya, dapat Anda melihat berikut ini.

Lovebird kaca mata topeng dewasa
Ciri dari lovebird kaca mata topeng dewasa ialah seperti berikut:

Warna bulu badannya didominasi oleh warna hijau
Lorus, ubun-ubun, dan pipi sisi depannya berwarna hitam kecokelatan
Bulu dibagian kepala yang lain kehitam-hitaman tetapi sedikit sirna
Bulu pada kerongkongan berwarna oranye ke arah kemerahan
Sisi atas dada dan kerahnya mempunyai warna kuning
Bulu ekor sama dengan warna hijau
Lingkar matanya putih
Paruh berwarna merah, dengan irislah kecoklatan, serta kakinya abu-abu.
Lovebird kaca mata topeng muda
Disamping itu, lovebird kaca mata topeng muda bisa dikenal dengan:

Warna bulu yang semakin sirna dibanding dengan lovebird kaca mata topeng dewasa, intinya dibagian kepalanya
Pada pangkal paruhnya, ada seperti bintik hitam.
Perubahan Warna Lovebird Kaca Mata Topeng
Semenjak tahun 1920, sudah diketahui perubahan warna pada burung lovebird kaca mata topeng ini. Perubahan itu ialah warna biru yang jadi perubahan awal dalam genus lovebird.

Perubahan yang lain adalah dari hasil penangkaran selektif seumpama Biru Kobalt yang setelah itu bermutasi menjadi lagi ungu muda (hitam).

Burung lovebird kaca mata topeng ini termasuk salah satunya tipe lovebird yang gampang dikembang biakkan. Oleh karena itu, di Indonesia kita bisa mendapatkan burung ini dengan gampangnya.

Simpulan
Lovebird kaca mata topeng yang datang dari Tanzania Utara serta Tengah ini mempunyai ciri spesial pada klep atau lingkar matanya. Berwarna putih serta lebar, klep itu menegaskan penampakan mata burung ini yang berwarna kecoklatan.

Sampai sekarang, perubahan warna yang diketahui pada lovebird kaca mata topeng ialah warna biru, yang pertama-tama diketahui seputar tahun 1920.

Itu beberapa ciri dari lovebird kaca mata topeng yang dapat kami berikan pada halaman ini. Bila ada yang penting ditambah lagi atau dikoreksi, silakan hubungi kami lewat kotak kometar yang ada.

Terima kasih atas kunjungannya, masih awasi hobyburung.org untuk memperoleh informasi komplet serta tepat mengenai burung peliharaan kecintaan Anda.