Hadi Pranoto mengatakan metode kerja racikan herbal antibodi Covid- 19 buatannya yang diklaim jadi pemecahan atas pandemi Virus Corona ataupun Covid- 19.

Hadi menegaskan, racikan ini bukan obat Covid- 19, melainkan herbal antibodi Covid- 19 yang dibuatnya dari kombinasi buah- buahan kemudian dijabarkan dengan kuman, setelah itu dikemas dalam botol plastik berdimensi 100 mililiter.

” Ini merupakan senyawa sirsak setelah itu manggis kelapa gula aren serta sebagian kombinasi yang lain ditambah penguraian teknologi kuman hayati tanah,” kata Hadi kepada wartawan di Bogor, Jawa

Barat, Senin( 3/ 8/ 2020).

Baginya, faktor tanaman serta tanah diambil bersumber pada teori kalau kehidupan manusia berasal dari kedua faktor tersebut.

Hadi menarangkan dikala disantap, racikan itu hendak mencairkan lendir yang mengental di dalam badan sebab Covid- 19, lendir ini umumnya membuat penderita Covid- 19 susah bernafas https://era.id/ .

” Metode kerja herbal ini merupakan sehabis kita membentuk antibodi dalam badan, ia hendak mencairkan lendir yang mengental sebab Covid- 19 itu. Sehabis peradangan manusia, ia hendak mengentalkan cairan, kan organ badan mengkristalkan cairan dalam badan menutup pori- pori oksigen sehingga orang itu wafat dunia sebab oksigen tidak bisa masuk ke dalam badan,” jelasnya.

Sehabis itu, kotoran dari proses pencairan lendir itu hendak keluar lewat keringat, air seni serta air besar.

Hadi mengklaim dekat 26 ribu penderita positif Covid- 19 telah merasakan khasiatnya, apalagi dia berencana hendak memproduksi sampai 300 juta botol buat disebarkan di segala Indonesia.

Apalagi dengan yakin diri ia mengklaim racikan herbal ini dapat bertahan lama, tidak terdapat dampak samping, sekali juga buat balita.

” Ini tidak terdapat pantangan sama sekali untuk kerabat kita, tidak memandang umur, dari orang berbadan dua, balita, anak, berusia, orang tua dapat mengkonsumsi ini. Ini dapat bertahan 20- 39 tahun sebab ini tidak terdapat kadaluarsa,” klaim Hadi.

Tadinya, dalam video yang diunggah account Youtube Dunia MANJI, Jumat( 31/ 7/ 2020), Hadi Pranoto yang mengaku bagaikan ahli mikrobiologi, berkata sudah sukses menciptakan obat virus Corona.

Anji berkata antibodi Covid- 19 telah teruji jitu, apalagi digunakan di Wisma Atlet Kemayoran.

” Nama Profesor. Hadi Pranoto susah sekali di cari di internet. Terdapat tetapi sedikit sekali. Sementara itu semenjak bulan Mei dia telah menciptakan Antibodi Covid- 19 ini,” tulis Anji dalam penjelasan video tersebut.

Viralnya video ini memunculkan respon dari beberapa ahli, paling utama ahli ilmu kesehatan.

Respon juga timbul dalam bermacam sanggahan, mulai dari profil Hadi Pranoto yang dinilai misterius sampai klaim seputar antibodi serta uji Covid- 19.