Usai Asian Permainan 2018, perseturuan antara Indonesia serta Malaysia kembali memanas sebab Malaysia turut mengajukan Pencak Silat bagaikan peninggalan asli budayanya ke UNESCO. Aladiners jangan ikutan emosi, sebab Indonesia lebih duluan mengajukan Pencak Silat ke UNESCO buat lekas disahkan jadi peninggalan budaya, kok!

Daripada ikut- ikutan emosi jika negeri sebelah main catut budaya kita, terdapat baiknya kita pelajari, ayo! Sesungguhnya apa aja sih peninggalan budaya Indonesia yang udah diakui alias dipatenkan sama UNESCO?

1. Lumpia

Siapa yang tidak tahu lumpia? Jajanan khas Semarang ini udah formal diakui bagaikan peninggalan budaya Indonesia oleh warisan budaya indonesia UNESCO semenjak 2014 kemudian lho! Walaupun santapan ini sesungguhnya tiba dari budaya Cina, tetapi cita rasanya sudah dimodifikasi supaya cocok dengan lidah orang Indonesia.

2. Sekaten

Upacara adat yang diselenggarakan secara teratur di Jogja serta Surakarta ini diperuntukan buat memeringati Isra’ Miraj ataupun Hari Lahir Nabi Muhammad SAW. Puncak kegiatan dari upacara ini merupakan masyarakat berebutan mengambil gunungan yang sudah diarak. UNESCO juga mengukuhkan Sekaten bagaikan peninggalan budaya Indonesia semenjak 2014 kemarin.

3. Noken

Kali ini datangnya dari bagian sangat timur Indonesia. Noken merupakan tas hasil kerajinan tangan masyarakat Papua yang dibuat dari kulit kayu yang dikeringkan kemudian dipintal jadi benang serta setelah itu dianyam. Tidak hanya buat jadi tas yang menampung beberapa barang keperluan tiap hari, tetapi Noken pula digunakan buat menggendong anak. Semenjak 2014 kemudian, UNESCO juga menetapkan Noken jadi peninggalan budaya Indonesia.

4. Gamelan

Seperangkat perlengkapan musik tradisional yang banyak ditemui di Pulau Jawa serta Bali ini ditetapkan bagaikan peninggalan budaya Indonesia oleh UNESCO semenjak 2014 silam. Pemerintah Indonesia mengajukan peresmian peninggalan budaya ke UNESCO supaya perlengkapan musik ini dapat terus dilestarikan.

5. Subak

Subak merupakan sistem perairan sawah ataupun irigasi yang digunakan oleh para petani di Bali. Sebab sistem perairan ini sangat unik, pemerintah Indonesia berupaya melindunginya dengan mendaftarkannya bagaikan peninggalan budaya asli Indonesia. Serta UNESCO juga mengesahkannya semenjak 2012 kemudian.

6. Tari Saman

Tarian tradisional yang berasal dari Aceh ini diresmikan bagaikan peninggalan budaya Indonesia oleh UNESCO semenjak 2011 silam.

7. Angklung

Perlengkapan musik tradisional khas Jawa Barat ini ditetapkan oleh UNESCO bagaikan peninggalan budaya Indonesia semenjak 2010 kemudian. Berupa semacam pipa yang dibuat dari bambu, masing- masing dimensi berbeda- beda angklung mempunyai bunyi khas tiap- tiap.

8. Batik

Salah satu peninggalan budaya Indonesia yang pula dicatut oleh Malaysia. Untungnya, UNESCO telah menetapkan batik bagaikan peninggalan budaya Indonesia semenjak 2009 silam, tepatnya bertepatan pada 2 Oktober 2009 yang setelah itu diketahui bagaikan Hari Batik Nasional.